Kamis, 30 Januari 2014

Cara Jitu Mencegah Kehamilan





Bagi Anda yang telah menikah, memiliki momongan merupakan hal yang tentu membahagiakan. Namun, oleh sebab beberapa alasan seperti karir dan kesiapan mental, Anda dan pasangan memilih untuk menunda kehamilan hingga Anda benar-benar siap untuk itu. Memang untuk menjadi orang tua bukanlah perkara gampang. Kesiapan fisik yang tidak dibarengi dengan kesiapan mental akan membuat anak Anda kelak menjadi korbannya. Nah bagi Anda yang sedang ada dalam kondisi demikian, berikut beberapa cara untuk mencegah kehamilan yang bisa Anda terapkan sembari mematangkan mental untuk memiliki keturunan.



Metode Tradisional

Jauh sebelum dunia medis menginvasi dunia kesehatan, nenek moyang kita sudah mewariskan beberapa hal seputar kesehatan termasuk di dalamnya cara mencegah kehamilan. Salah satu tekniknya adalah dengan metode Douching. Cara ini memang kurang populer dan tidak lazim dipakai masyarakat. Teknik Doucing adalah dengan menyemprotkan semacam cairan obat yang mengandung zat tertentu tepat di liang kewanitaan. Tujuannya agar sperma tidak berhasil memasuki sel telur dan pembuahan tidak akan terjadi. Cara ini dtentang banyak orang sebab sangat riskan membuat organ kewanitaan infeksi.

Cara mencegah kehamilan lainnya adalah dengan melakukan hubungan seksual saat wanita sedang dalam siklus bulanan yakni menstruasi. Cara ini dianggap sangat ampuh sebab wanita tidak sedang dalam masa subur. hanya saja, dalam kondisi tertentu, wanita bisa saja hamil karena boleh jadi masa suburnya sangat dekat dengan siklus bulanannya. Selain itu, bagi Anda yang beragama Islam, melakukan hubungan seksual pada masa haid tidak diperkenkan sebab dipercaya bahwa darah haid itu sesungguhnya kotor.
Cara lainnya adalah dengan sistem kalender. cara ini cukup populer. Hindari bercinta di masa subur sehingga potensi untuk hamisl bisa direduksi. Masa subur umumnya ada di hari ke-14 setelah haid. Selain sistem kalender, Anda juga bisa menebak masa subur dari cairan kewanitaan. Jika semakin kental maka dipastikan wanita sedang dalam masa suburnya. Selain itu, suhu tubuh wanita juga bisa merupakan signal masa subur!

Selain hal tersebut di atas, cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah kehamilan adalah dengan menghindari penetrasi sehingga sperma tidak harus masuk ke dalam sel telur. Jika Anda tak suka, bisa juga tetap melakukan penetrasi tapi beri tahu pada suami Anda untuk segera menghentikan kegiatan seksual jika sperma sudah hampir keluar.

Metode Modern!


Dunia medis menawarkan banyak cara untuk mencegah kehamilan. Yang paling populer adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi. Alat ini bisa saja pil KB, bisa dengan kondom untuk pria dan wanita, bisa pula dengan spermisida. Pil Kb digunakan secara oral dan harus dengan resep dokter. Sementara itu kondom dan spermasida bisa langsung dibeli di apotek dan juga toko-toko tanpa harus konsultasi pada dokter terlebih dahulu. Kondom bekerja dengan menampung sperma sehingga ia gagal sampai pada sel telur.

Selain hal di atas, cara mencegah kehamilan lainnya adalah dengan menggunakan cincin Nuva yang dimasukkan ke dalam liang vagina. Untuk yang satu ini tentu juga harus melalui konsultasi dan penanganan dokter.  Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan sterilisasi atau vasektomi. Caranya dengan menciptakan hambatan tepat di saluran tuba sehingga sperma tidak mencapai sel telur. Bagi Anda yang mengkhendaki cara praktis bisa dengan menggunakan perangkat intrauterine atau biasa disingkat dengan nama IUD. Jenis ini dikenal juga dengan nama spiral yang tak lain adalah impan dengan bahan plastik yang dipasang dengan cara ditanam di dalam rahim wanita. Spiral ini harus diganti secara berkala. Tapi kangan khawatir sebab jangka waktunya cukup panjang. Cara terakhir adalah dengan menyuntikkan zat progestin dan estrogen ke dalam tubuh wanita sehingga potensi untuk hamil bisa diperkecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar